Kamis, 23 Juni 2011

Ulangan Semester Genap

Pada tanggal 26 Mei s/d 04 Juni 2011 di sekolahku diadakan ulangan umum semester genap yang merupakan penentu naik tidaknya kami ke kelas XI. Sebenarnya bukan hanya hasil dari ulangan semester genap ini saja yang menjadi penentunya, masih banyak hal-hal yang mempengaruhi penentuan tersebut.

Jadwal ulangan umum sudah tercatat dengan rapi di buku catatanku, sekarang tinggal menalinnya ke selembar kertas dan memperbesar ukuran tulisannya untuk ku pajang di dinding kamarku, sebagai pengingatku.

**************

Jadwal pada hari pertama ulangan adalah Bahasa Indonesia dan Sejarah. Meskipun sebagian orang berpikir pelajaran itu mudah, tapi tidak bagiku. Walau mudah, tetap saja tidak boleh dengan mudahnya meremehkan hal yang mudah seperti itu.

Untunglah hari pertama ulangan semuanya berjalan dengan lancar. Begitu juga dengan hari kedua, ketiga, keempat sampai pada hari terakhir ulangan. Aku sangat bersyukur karena semuanya berjalan lancar. Dan sekarang tinggal menunggu pengumuman siapa saja yang akan terkena remedial dan siapa yang tidak.

Dan akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga. Pengumuman Hasil Sementara Ulangan semester genap. Walaupun masih hasil sementara, itupun sudah membuatku takut. ‘Bagaimana kalau aku di remedial? Pelajaran apa?’ itu adalah salahsatu dari beratus-ratus pertanyaan yang berkelebat dipikiranku.

Setelah berdesak-desakan untuk melihat pengumuman, akhirnya aku berhasil melihat serta membaca pengumuman tersebut. Di kolom pertamanya memang memuaskan melihat huruf ‘TR’ yang tertulis disana, yang berarti ‘Tidak Remedi’, tapi setelahku berpindah ke kolom selanjutnya dan selanjutnya sampai ku melihat huruf ‘R’ yang tertulis di kolom tersebut, senyumku yang tadi telah menembang di wajahku langsung lenyap. Aku mendongak untuk melihat mata pelajaran apa yang harus ku remedial, dan setelah mengetahui pelajaran apa yang harus ku remedial, aku hanya bisa mengatupkan rahangku. Pelajaran yang harus kuremedial adalah Matematika. Ya, memang ku akui, aku memang lemah dalam pelajaran ini.

**************

Hari ini pengumuman hasil ulangan semester genap akan diumumkan. Kali ini bukan hasil sementara lagi, melainkan hasil penuh atau hasil yang sebenarnya. Dengan perasaan campur aduk aku pergi ke madding sekolah untuk melihat hasil kerja kerasku selama beberapa hari itu. Dengan sabar aku menyusuri satiap kolom yang menyediakan hasil kerjaku tersebut. Aku sangat bersyukur dan lumayan puas akan hasil kerjaku ini. Karena sepanjang aku menyusuri deretan kolom tersebut, disetiap kolom tersebut tertera huruf ‘TR’, terkecuali satu kolom yang tertera huruf ‘R’ yang sudah di ketahui kolom tersebut milik siapa. Tak apa, walaupun aku harus meremedial pelajaran Matematika, tapi aku sangat bersyukur karena tidak perlu mengulang pelajaran lainnya.

Benar kata pepatah, “Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”. Itulah yang kurasakan sekarang. Walaupun aku sampai harus tidur larut malam untuk belajar setiap harinya ketika ulangan seperti ini, tapi semua itu terbayar sudah. Jadi,, apa salahnya sedikit berkorban untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, iya kan??

**************

#Thank you for reading!!!!# (If there’s someone who read this)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar